Fiksi / Menulis / Jangan Lupa Bawa Buku Catatan

Jangan Lupa Bawa Buku Catatan

            Menjalani aktivitas sehari-hari butuh adanya energi dan kegiatan yang terlaksana dengan baik dan benar. Setiap aktivitas pasti ada sebuah peristiwa yang membuat kita bahagia, sedih dan duka. Itu pasti selalu teringat dan menjadi kenangan yang indah dan mengharukan. Dari setiap aktivitas yang ada, kita bisa mengambil pelajaran dan sisi inspirasi untuk dikelola dan diolah sebaik mungkin menjadi sebuah karya agar bisa dibagikan dengan orang lain, dibaca dan bermanfaat untuk setiap kehidupan kita dan orang lain. Hal ini, sangat erat kaitannya jika kita membawa buku catatan atau kertas atau apapun alat yang bisa kita gunakan untuk menulis peristiwa dan sesuatu hal yang membuat kita terharu dan menarik untuk dikupas dan dijadikan sebuah tulisan. Kita dituntut dalam berkarya bukan hanya membaca dari buku atau tulisan namun kita juga bisa membaca dari lingkungan dan alam, ini salah satu faktor yang mendorong untuk semangat menulis dan aktif dalam tulisan diberbagai aspek kehidupan.

             Buku catatan merupakan sarana untuk melampiaskan sebuah tulisan yang kita dapat. Entah itu ide, inspirasi atau bahan untuk observasi tentang tulisan kita. Dengan mempunyai buku catatan kita bisa leluasa untuk menulis apapun. Buku catatan tidak harus berbentuk buku, bisa juga buku catatan di handphone atau yang lainnya. Dimanapun kita berada hendaknya kita bisa menyiasati untuk selalu membawa buku catatan dalam bentuk apapun yang penting bisa dibuat untuk menulis dan mengembangkan tulisan kita.

             Banyak pelajaran yang kita ambil dari membawa buku catatan dimanapun kita berada, diantaranya:

  • Dapat menulis tentang suatu kejadian yang penting dan terkini. Seperti, kecelakaan, macet atau yang lainnya.
  • Dapat dijadikan inspirasi setiap ada peristiwa yang membuat kita tergugah dan ingin untuk menceritakannya lewat tulisan.
  • Untuk menyimpan ide yang muncul tiba-tiba di pikiran kita entah itu dari sebuah peristiwa atau yang lain.
  • Dapat dibuat sebagai bahan penelitian jika kita menemukan sesuatu hal yang kita anggap penting untuk tulisan kita.
  • Untuk menjadi teman sendiri ketika bepergian jauh dengan menulis apapun yang kita inginkan.
  • Sarana melampiaskan emosi jika marah, sedih atau bahagia.

            Dari beberapa pelajaran di atas, tulisan yang ada di buku catatan bisa kita kembangkan dan kita urai sedetail mungkin sesuai selera dan keinginan. Maka dari itu, fungsi buku catatan sangat banyak dan jangan smapai lupa dimanapun kita berada bawalah buku catatan agar perjalanan kehidupan yang kita alami lebih berwarna dan bermanfaat untuk diri kita dan orang lain.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

One comment

  1. Foto Profil dari Wely Hariyanto

    Karena daya ingat ada batasnya. (y)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

www.bahasainggrisonline.org

Menciptakan Kalimat Agar Tidak Kaku

Kalimat merupakan bagian dari sebuah paragraf yang membangun cerita. Jika kalimat yang ...