Fiksi / Menulis / Memberikan Sentuhan Pribadi Pada Karya

Memberikan Sentuhan Pribadi Pada Karya

Sentuhan pribadi merupakan sebuah sugesti diri yang tumbuh dan timbul dengan kesadaran diri dan bisikan hati untuk lebih semangat dan berkembang dalam menjalani sebuah cobaan dan pekerjaan serta aktivitas yag ada. Dalam hal ini berkaitan langsung dengan karya yang ciri khasnya peka dalam sebuah keunikkan. Karena sebuah karya adalah cermin rasa yang timbul atas kehendak orang yang menuliskannya. Tidak sebuah karya yang standart dan datar tidak ada perkembangan sama sekali. Maka dari itu, pasti ada sentuhan bagaiaman bisa indah dan bisa menyentuh hati serta bermanfaat untuk orang lain dan masyarakat di dunia.

Memberikan sentuhan pribadi dalam sebuah karya pasti ada tumbuh ciri khas yang akan menjadi satu ingatan yang tidak dilupakan oleh penikmat karya. Itu perlu untuk diterapkan dalam hal seperti ini karena memang sentuhan itu bisa menggugah atau tidak dan bisa membuat penikmat menjadi senang dan bahagia.

Ini ada beberapa cara untuk memberikan sentuhan pribadi pada sebuah karya dalam segi dan bentuk apapun itu karyanya, antara lain:

Selalu semangat dan memahaminya

Seorang seniman atau orang yang membuat karya pasti akan selalu membuktikan dan memberikan yang terbaik dalam menuliskan dan memaparkan karyanya agar terlihat indah dan bisa dinikmati dengan puas oleh penikmatnya bahkan untuk dunia. Dengan kata lain berani membuat sebuah karya yang berarti dan terbaik serta yang dibutuhkan oleh penikmat dan masyarakat. Disitulah akan menemukan makna dalam berkarya.

Mengetahui pagar dan kunci dalam berkarya

Dengan kata lain harus bisa menciptakan karya yang baru dan belum pernah ada untuk kedua kalinya. Karena karya yang dikatakan berhasil yaitu karya yang bisa menciptakan terobosan terbaru di dalamnya. Dari situlah akan selalu mencari inspirasi dan ide terbaru dalam membuat karya dan terus menggelora dalam berkarya. Dalam artian karya kita murni dari diri kita sendiri bukan mencontoh bahkan menjiplak dari orang lain.

Dapat memahami dan mengerti situasi dan sistem pemikiran yang umum

Artinya bisa mengerti dan memahami mana yang sudah umum dan mana yang tidak. Karena berkarya harus dengan hal yang baru. Secara otomatis memperluas dan mengasah kreativitas. Disitulah karya kita akan dinilai asli dan berbeda.

Dapat memahami dan menganalisis sebuah inspirasi dan ide

Dalam setiap karya yang akan dibuat lakukan sebuah anaislis atau penelusuran apakah karya yang akan dibuat sudah ada yang membuatnya atau belum. Lakukan secara detail mulai dari asal-usul ide dan inspirasi secara murni dan asli, memahami dan membongkar imajinasi serta berkhayal dalam tingkat itnggi. Disinilah proses kreatif akan tumbuh dan muncul dengan sendirinya.

Hal ini penting untuk perkembangan karya kita dalam masa mendatang dan menjadi karya yang berkwalitas dan dibaca masyarakat dunia serta menjadi pedoman karena sentuhan pribadi yang diberikan dalam karya kita.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

www.bahasainggrisonline.org

Menciptakan Kalimat Agar Tidak Kaku

Kalimat merupakan bagian dari sebuah paragraf yang membangun cerita. Jika kalimat yang ...