Fiksi / Menulis / Membuka Cerita Ala Syahrini “Cetar Membahana”

Membuka Cerita Ala Syahrini “Cetar Membahana”

Cerita yang baik dilihat dari pembuka kalimat yang membuat pembaca tergugah dan ingin meneruskan untuk membaca serta ketagihan atas tulisan kita. Rasanya seperti makan permen karet yang ingin cepat-cepat lunak agar bisa membuat gelembung seperti balon di mulut. Seperti itulah pembaca yang sudah terjangkit virus dan tergila-gila atas tulisan kita pasti ketagihan dan ingin sekali cepat selesai untuk membacanya dan membaca tulisan kita yang lain. Maka dari itu, ciptakan tulisan kita yang menarik terutama dalam pembukaan cerita berikan ciri khas yang membuat pembaca ketagihan dan terus membaca tulisan kita sampai ke ujung-ujungnya.

Menurut pengalaman yang saya dapatkan ada cara-cara untuk membuka cerita agar seperti syahrini yang heboh dimana-mana atau biasanya dia menyebut dirinya “cetar membahana”. Adapun lebih spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah cerita dengan dialog yang membuat penasaran pembaca untuk melanjutkan menuju ke isi cerita. Berikan dialog yang langsung ke inti cerita. Bisa diambil dari konflik atau kebahagiaan yang ada di isi cerita.
  2. Hindari menuliskan pembuka cerita dengan paragraf atau kalimat yang panjang walaupun searah dengan cerita namun pembaca akan jenuh dan bosan atas deskripsi yang kita sajikan.
  3. Hindari membuka cerita yang bertele-tele atau semacam kebanyakkn kata puitis yang tidak tahu maksud dan arahnya. Itu bisa merusak isi cerita.
  4. Bisa membuka cerita dengan langsung ke sisi cerita dengan menggunakan alur mundur atau alur yang bisa dikatakan dadakan yang langsung kepada isi cerita.
  5. Jangan terlalu berfikir untuk membuka cerita dengan berkhayal tentang isi cerita yang berbeda dengan yang lain. Mengalir begitu saja. Jangan terlalu mendetail yang terpenting pembaca bisa bahagia atas tulisan kita dan terus membacanya sampai habis.
  6. Bukalah cerita dengan adegan dramatis atau romantis atau adegan yang membuat pembaca merasa tertikam atau tergugah jiwanya.
  7. Bisa juga dengan membuka cerita dengan kalimat sentakan atau bentakkan dimana pembaca tersentak dan kaget saat membacanya.
  8. Hindari kalimat pembuka yang basa-basi atau tidak jelas.
  9. Berikan karakter yang aneh agar pembaca lebih penasaran.
  10. Buatlah pembuka cerita dengan ciri khas kita atau yang unik agar nanti pembaca selalu mengenali tulisan kita namun jangan sampai menghilangkan rasa penasaran pembaca.

Memang cerita berkwalitas terletak di awal kalimatnya yang bisa membuat pembaca penasaran dan ingin selalu membaca ceritanya sampai akhir.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

www.bahasainggrisonline.org

Menciptakan Kalimat Agar Tidak Kaku

Kalimat merupakan bagian dari sebuah paragraf yang membangun cerita. Jika kalimat yang ...