Fiksi / Lain-lain / Mengenal Metode Penelitian Sastra

Mengenal Metode Penelitian Sastra

Metode penelitian sastra merupakan sistem penelitian sastra dengan beranekamacam definisi dan cara untuk mengembangkan sastra itu sendiri. Sedang penelitian sastra adalah suatu usaha mencari pengetahuan dan mengembangbiakkan masalah dalam sastra. Penelitian sastra inilah yang membuat suatu kedisiplinan ilmu yang meliputi, objek dan metode pendekatan yang jelas dan akurat. Penelitian sastra banyak yang menyebutnya kritik sastra namun dilihat dari jangkauan dan cakupan serta tujuannya perbedaan antara penelitian sastra dan kritik sastra sangatlah dekat tapi sangat berbeda.

Kritik sastra biasanya menggunakan sastra kontemporer. Sedangkan penelitian sastra tidak hanya menggunakan sastra kontemporer saja tapi lebih dalam dan jauh lagi. Maka dari itu, penelitian sastra haruslah diperkuat dengan metode-metode yang akan membangun dalam suatu penelitian sastra itu sendiri.

Metode Penelitian Sastra

Metode penelitian sastra merupakan cara yang strategis untuk memahami langkah sistematis dan realistis dan upaya memecahkan masalah serta rangkaian sebab akibat dalam sebuah penelitian suatu karya sastra.  Karena sebuah metode sastra mempunyai fungsi untuk memecahkan suatu masalah dan mudah untuk dituntaskan. Ada pula metodelogi yang berbeda jauh dengan metode. Metode yang hanya sebuah teknik tidak memiliki batas yang jelas, namun metodelogi merupakan  teknik penelitian  dengan konsep secara keseluruhan. Bisa dibedakan dengan cara melihat tingkat abstraksinya, ruang lingkup pemakaian serta objek yang dibidik.

Maka dari itu, muncullah berbagai metode yang harus dianalisis dalam karya sastra. Berikut metode penilitian karya sastra:

–          Metode intuitif

Metode yang beranggapan kemampuan dasar manusia dalam memahami unsur budaya dengan pemahaman secara kultural antara individu dengan alam semesta.

 –          Metode hermeneutika

Metode yang fungsi utamanya sebagai pemahaman agama dan sangat tepat untuk memahami penilitian karya sastra karena karya tulis terdekat dengan unsur agama adalah karya sastra.

 –          Metode kualitatif

Metode yang berfungsi untuk memberi suatu perhatian data alamiah dan hubungan konteks penelitian.

 –          Metode analisis isi

Metode yang berfungsi sebagai bahan penafsiran dalam suatu penelitian karya sastra yang terkandung dalam suatu dokumen dan suatu pesan yang terkandung dalam isi dokumen atau naskah.

 –          Metode formal

Metode yang berfungsi untuk mempertimbangkan aspek formal dan bentuk dalam penelitian sastra. Selain itu juga sebagai studi ilmiah dalam memperhatikan sifat aratistik

–          Metode dialektika

Metode yang berfungsi sebagai suatu penelususran dalam setiap unsur penelitian sastra.

–          Metode dekskriptif analisis

Metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan fakta lalu analisis dengan menguraikan dan memahamkan suatu penelitian sastra. Metode ini dapat digabungkan dengan metode formal dengan membandingkan antara keduanya.

Itulah gambaran metode penelitian sastra secara ringkas dan jelas supaya dapat diketahui dan difahami dengan baik dan benar.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

www.bahasainggrisonline.org

Menciptakan Kalimat Agar Tidak Kaku

Kalimat merupakan bagian dari sebuah paragraf yang membangun cerita. Jika kalimat yang ...