Fiksi / Menulis / Rahasia Dan Hambatan Dalam Menulis

Rahasia Dan Hambatan Dalam Menulis

Menulis merupakan salah satu sarana untuk mengungkapkan gambaran yang ada di pikiran kita, baik dari hati atau lingkungan yang ada di sekitar. Dengan menulis kita akan menemukan sebuah ketenangan, kesenangan dan kegembiraan untuk menjalani kehidupan karena apapun yang kita rasakan bisa diungkap lewat tulisan. Entah itu berupa curhatan, puisi, cerpen dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai kita meninggalkan untuk tidak menulis walaupun hanya satu kata dalam setiap harinya. Karena itu merupakan dorongan hati yang harus keluar dan membuat hati terasa nyaman dan lega.

Rahasia menulis

Rahasia dalam menulis itu sebenarnya tidak ada di zaman sekarang karena di era globalisasi ini, semua orang bisa mengakses informasi apapun dalam bidang apapun di sebuah kotak kecil yang bernama handphone, laptop dan komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Situs di internet pun beragam salah satu situs terlengkap adalah Mbah Google, Search Engine dan Bing. Namun disini, rahasia menulis itu sebenarnya adalah menulis rahasia, di mana kita sebagai penulis bisa mengungkapkan dan membeberkan semua hal yang tersembunyi untuk dipublikasikan kepada banyak orang melalui media online atau pun offline. Menulis rahasia ini bisa dilakukan oleh siapa pun, di negara mana pun serta dalam topik apapun.

Selain itu, rahasia menulis juga mempunyai hukum tarik-menarik ketika akan menuliskan sebuah topik tertentu yang akan dijadikan buku dan dipublikasikan di masyarakat umum. Awalnya, kita harus menanamkan niat yang kuat untuk menulis dan mengungkapkan apa yang akan kita tulis dengan menggerakkan pikiran dan proses yang akan kita jalani lalu meyakini bahwa tulisan kita akan menjadi nyata berupa buku dan bisa dibaca semua orang. Sebenarnya menulis itu mudah dengan kunci dan rahasianya adalah berambisi dalam tulisan dan mempraktekkan dengan baik dan benar.

Hambatan dalam menulis

Setelah kita menjalani sebuah proses menulis dengan berbagai rahasia yang kita ungkapkan pasti di dalam proses tersebut akan ada hambatan yang akan menghentikan dan membuat aktivitas menulis kita berhenti. Sebenarnya itu sangat wajar karena aktivitas yang kita jalani setiap hari bukan hanya menulis, banyak aktivitas yang lain. Walaupun sudah ada jadwal untuk menulis pasti masih ada hambatan di dalamnya. Entah itu secara langsung atau tidak. Salah satu hambatannya adalah malas, mengantuk, jenuh, buntu di tengah jalan. Jangan sikapi hambatan tersebut untuk kita nikmati atau sebagai tempat istirahat sejenak. Segera mengambil tindakan yang tegas agar hambatan tersebut tidak menjamur dan menjadi kebiasaan ketika kita menulis.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan hambatan dalam menulis adalah menyikapi dan menempatkan hambatan tersebut sebagai salah satu inspirasi bagi tulisan kita. Sebagai sarana untuk menghibur pikiran kita agar tidak terasa jenuh dan buntu di tengah jalan ketika akan menulis. Selain itu, kita juga bisa menyikapi hambatan tersebut untuk mencari ide yang baru dalam mengembangkan tulisan kita dengan membaca dan melihat lingkungan sekitar.

Menulis itu sebuah sarana yang paling mudah jika kita menanamkan bahwa menulis adalah sebagaian kehidupan. Kita akan merasakan proses dalam menulis lalu mengetahui apa yang harus kita lakukan untuk tulisan kita. Maka dari situ, kita akan mendapatkan rahasia besar yang ada dalam menulis dan membuat kita menjadi orang hebat dalam sebuah tulisan. Kunci utama adalah membaca. Membaca lalu menulis dan berani mempublikasikan tulisan di semua orang agar nanti kita mengetahui kekurangan dan kelebihan tulisan kita.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

www.bahasainggrisonline.org

Menciptakan Kalimat Agar Tidak Kaku

Kalimat merupakan bagian dari sebuah paragraf yang membangun cerita. Jika kalimat yang ...